Selasa, 25 Mei 2010

ALAT PERAGA TEKANAN HIDROSTATIS


Teori Tekanan hidrostatis : tekanan zat cair yang hanya disebabkan oleh beratnya sendiri Ph =  x g x h Ph = tekanan hidrostatis ( Pa )  = massa jenis fluida ( kg/m3 ) g = percepatan grafitasi bumi ( m/s2) h = ketinggian zat cair ( m )
Prosedur Penggunaan Alat
1.Masukan air kedalam botol bekas yang sudah diberi lubang secara mendatar ( lubang pada botol tersebut sebelumnya sudah ditutup dengan plester ).
2.Buka plester sehingga air keluar dari botol.
3Amati jatuhnya pancaran air yang keluar dari lubang botol tersebut.
4.Ulangi untuk botol yang diberi lubang secara vertical ( lubang di atas dan bawah ).
5.Buat kesimpulan anda tentang tekanan air pada kedalaman yang sama ( lubang horizontal ) dan kedalaman yang berbeda ( lubang vertical )

Minggu, 23 Mei 2010


Teori
Semua titik yang terletak pada bidang datar yang sama di dalam zat cair yang sejenis memiliki tekanan yang sama.
Prosedur Penggunaan Alat
1.Masukan air ke dalam lubang pipa u.
2.Masukan zat cair lain ( minyak tanah,minyak goreng, oli )ke dalam lubang pipa u yang lainnya.
3.Tentukan ketinggian air dari titik B.
4.Tentukan ketinggian zat cair yang lain dari titik A.
5.Tentukan massa jenis zat cair yang akan diukur

SOAL FLUIDA

1.Sebuah peti berukuran 2 m x 3 m x 4 m memiliki massa jenis 3000 kg/m3. Jika g = 10 m/s2, tentukan :
a.berat peti
b.tekanan maksimum peti pada tanah
c.tekanan maksimum peti pada tanah
2.Jika g = 10 m/s2 , tentukan tekanan hidrostatis pada kedalaman 75 cm di dalam :
a.air dengan massa jenis 1000 kg/m3
b.minyak dengan massa jenis 800 kg/m3
c.raksa dengan massa jenis 13600 kg/m3
3.Jika tekanan atmosfer 70 cm Hg, g = 10 m/s2, massa jenis air 1000 kg/m3 massa jenis raksa 13600 kg/m3, tentukan tekana pada kedalaman 3 m di dalam sebuah danau jika tekanan atmosfer :
a.diabaikan
b.diperhitungkan

Jumat, 21 Mei 2010

ALAT PERAGA HUKUM ARCHIMEDES


Teori Gaya apung yang bekerja pada suatu fluida yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam suatu fluida sama dengan berat fluida yang dipindahkan oleh benda tersebut. Syarat mengapung ;
benda < f Syarat tenggelam ;
benda > f Syarat melayang ;
benda = f
Prosedur Penggunaan Alat
1.Masukkan air kedalam gelas 1,2, dan 3
2.Masukkan telur ke dalam gelas ke-1 yang hanya berisi air, amati apa yang terjadi.
3.Masukkan telur kedalam gelas ke- 2 yang sudah diisi dengan 2 sendok garam dapur, amati apa yang terjadi.
4.Masukkan telur kedalam gelas ke- 3 yang sudah diisi dengan 4 sendok garam dapur, amati apa yang terjadi.
5.Buat kesimpulan dari pengamatan gelas ke-1, gelas ke-2, dan gelas ke-3.

FISIKA LUCU 1

Tidak Kagum pada Newton
Di suatu kelas yang sedang mempelajari pelajaran fisika yang berhubungan dengan hukum Newton. Sang Guru menerangkan dengan semangat tentang hebatnya beliau yang telah menemukan hukum-hukum fisika yang sangat berguna bagi kehidupan umat manusia. Guru : “Anak-anak apakah kalian kagum pada beliau ?” Murid : “Iyaaaa Buuuuu…!” Hanya ada seorang anak yang duduk dibangku paling belakang yang terlihat kurang bersemangat. Guru : “Badu..apakah kamu tidak kagum pada beliau” Badu : “Bu..tolong beritahukan kepada beliau, bahwa karena rumus-rumus yang telah beliau temukan tersebut saya jadi tidak lulus pelajaran fisika.” Guru : “????@#$”